Jumat, 25 Mei 2012

Tips Kirim Cerpen Ke Majalah

Karena ada teman di twitter yang melemparkan pertanyaan tentang bagaimana menulis cerpen ke media massa, saya jadi tertarik untuk membagikan apa yang pernah saya dapatkan dari sebuah kelas penulisan cerpen,  dari ‘curhat’ seorang pemimpin redaksi majalah wanita muda terkenal, juga ditambah dari pengalaman pribadi.  Berikut ini apa yg sudah saya tulis di twitter dan saya rangkum mengenai tips  kirim cerpen ke majalah.

1. Menurut seorang pemimpin redaksi majalah wanita, tiap hari redaksi bisa menerima ratusan naskah cerpen, dan hal pertama yg dilihat adalah judulnya.

2. Kalau dari judulnya sudah dianggap tidak menarik oleh redaksi,  maka akan langsung di delete tanpa dibaca lagi isi naskahnya.

3. Setelah dilihat judulnya menarik, baru akan dibaca oleh redaksi. Dan yang menentukan bahwa naskah itu bagus atau tidak, bisa dilihat dari paragraf pertama saja.  Kalau sudah dirasa tidak menarik, ya tidak akan dibaca sampai habis, alhasil itu naskah akan di delete juga.

4. The key is in the first paragraph, it has to be ‘wow’ / kuncinya ada di paragraf pertama, harus bisa membuat kagum redaksi.

5. Naskah yang kita kirim tidak langsung dibalas dan diberi tahu masuk atau tidak.  Kadang bisa dari sebulan sampai tiga bulan bari dikasi kabar, dan ada juga lho yang tidak pernah dibalas, ya artinya tidak diterima.

6. Kalau misal cerpen kita diterima, pasti dikasi kabar oleh redaksi lewat email atau telpon bahwa cerpen kita masuk dan mereka akan memastikan terlebih dahulu apakah cerpen itu belum pernah diterbitkan di media manapun.  Karena ada kasus juga dimana penulis mengirimkan satu cerpen ke dua media sekaligus, ternyata di satu media sudah diterbitkan tapi belum dikasi kabar, dan di media yang satu lagi mau diterbitkan juga, ini akan menimbulkan masalah, karena setiap media pasti inginnya naskah itu belum pernah diterbitkan sebelumnya.

7. Maka itu untuk meminimalisasi kemungkinan naskah kita jadi ‘rebutan’ , lebih baik kita mengirimkan satu naskah ke satu media saja dan menunggu selama 3 bulan sampai ada kabar jelas diterima atau tidak naskah kita.  Baru setelah itu kita bisa kirim ke media yang lain.

8. Dan setelah cerpen kita diterima, biasanya akan langsung di transfer honornya ke rekening kita yang sudah kita lampirkan bersama naskah kita.  Maka itu jangan lupa untuk mencantumkan keterangan/data lengkap pribadi kita, seperti nama, nmr. telpon, rekening.
9. Untuk media majalah remaja, yang menurut saya dan beberapa teman yang paling sulit seleksinya adalah majalah GADIS.  Karena penggunaan kalimat baku sangat diperhatikan, juga tema dari cerita.

10. Untuk majalah wanita muda, majalah CHIC adalah salah satu majalah yang bagus – bagus cerpennya, juga cukup selektif.  Sedangkan untuk majalah wanita dewasa, majalah FEMINA menurut saya masih di ranking pertama yang menjadi acuan sebagai media yang menerbitkan cerpen – cerpen bagus dan bermutu.  Maka itu persaingannya juga tinggi dan selektif.

Profesi penulis cerpen/cerpenis masih menjadi salah satu profesi yang banyak diminati sekarang ini, intinya jangan berhenti menulis dan mengirimkannya, sekalipun sering ditolak :p , suatu saat kita akan diterima dengan terus mengirimkan dan belajar dari banyak membaca cerpen – cerpen juga.  Ohya jangan lupa dalam setiap email yang kita kirimkan buat surat pengantar juga ya dengan kata – kata yang bagus memperkenalkan diri kita dulu dan setidaknya sedikit cerita dari naskah cerpen yang kita ajukan.  Dan berikut ini beberapa redaksi yang sudah pernah saya kirimkan naskah saya, memang banyak sih majalah – majalah yang lain tapi saya fokus untuk kirim ke redaksi – redaksi berikut ini.
Majalah Chic
-Format halaman A4, Times New Roman 12, spasi 1, pjg 7-8 hlmn
-e-mail : Chic@gramedia-majalah.com
Majalah Go Girl!
-Untuk kirim cerpen dengan syarat-syarat:
Font size 8, spasi single, maksimal 2 halaman Letter.
-e-mail: ika@gogirlmagazine.com
Majalah GADIS
-Syarat naskah cerpen:Cerpen remaja, 6-7 halaman folio, ketik 2 spasi. Percikan (Cerpen Mini), cerpen remaja, maks. 2 hal polio dan ketik 2 spasi.
-Info Terbaru! Kirim via e-mail dengan subjek CERPEN ke: Redaksi.GADIS@feminagroup.com
Majalah STORY
-Syarat naskah cerpen: Cerpen remaja romance/sci-fi/horor/humor, 10.000-14.000 karakter+spasi, ketik 2 spasi, kertasfolio. Lampirkan fotomu yang paling keren.
-Kirim via e-mail dengan subjek CERPEN ROMANCE/HOROR/HUMOR/SCI-FI tergantung jenis cerita ke: story_magazine@yahoo.com
Majalah Femina
-Format Letter, Times New Roman 12, spasi 2, panjang hal 7-8 hlmn
-e-mail: kontak@femina.co.id


NB : Majalah Story sudah tidak terbit

Naqiyyah Syam en books

25 komentar:

  1. Blogwalking mbak. Salam kenal ya, postingannya informatif.

    BalasHapus
  2. wah....berarti sult banget ya bersaingnya T_T

    BalasHapus
  3. kak, identitasnya itu ditulis di file cerpennya, di attach atau di tulis di emailnya? makasih kak :)

    BalasHapus
  4. infonya bagus banget kak, sankyuuu... ^^

    BalasHapus
  5. ternyata setiap majalah formatnya beda-beda ya mbak?? makasih infonya.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. bayarannya kira-kira berapa ya?

    BalasHapus
  8. mksh ya mba atas infony..
    oh ya, cerpenis baru yg diterbitkan dan yg sudah lama (biasa diterbitkan) apa diberi honor yg beda? mksh mba :)

    BalasHapus
  9. selain pake no rekening bisa pake apalagi ya? abis aku gak punya no rekening... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, coba aja kirim dulu pinjam rekening kakakmu :)

      Hapus
  10. thank to info, btw izin copy boleh ga

    BalasHapus
  11. lagi nyoba.. thanks infonya.. :)

    BalasHapus
  12. Nambah info nih Bun, teriamakasih :)

    BalasHapus
  13. maaf ka,
    ada ga majalah yang cemep ngemuat cerpen kitanya???
    sekitar 1 atau 2 mingguan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada, ngantri semua. kalo di koran ada sekitar 1-2 minggu bisa tayang.

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak, semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^